Inflasi

27 Okt

Inflasi selalu terjadi disetiap negara, baik negara terbelakang, negara berkembang sampai ke negara maju sekalipun. Karena faktanya inflasi merupakan fenomena mutlak moneter yang tidak dapat dihilangkan, namun bisa dikendalikan agar laju nya stabil.

Inflasi sendiri adalah kenaikan tingkat harga yang terus menerus dan cepat sehingga diperlukan perhatian khusus supaya tingkat inflasi yang berlaku berada pada tingkat yang sangat rendah. Tingkat inflasi nol persen bukanlah tujuan utama kebijakan pemerintah. Karena itu, yang paling penting adalah usaha agar menjaga tingkat inflasi tetap rendah.

Adakalanya tingkat inflasi meningkat dengan tiba tiba sebagai akibat peristiwa tertentu yang berlaku di luar ekspektasi pemerintah, misalnya efek dari depresiasi nilai uang ataupun ketidakstabilan politik. Menghadapi masalah inflasi yang bertambah cepat ini pemerintah akan menyusun langkah langkah yang bertujuan agar kestabilan harga harga dapat diwujudkan kembali.

Inflasi biasanya dibedakan menjadi tiga bentuk, yaitu :

  1. Inflasi tarikan permintaan

Inflasi ini terjadi pada masa perekonomian berkembang dengan pesat. Kesempatan kerja yang tinggi menciptakan tingkat pendapatan yang tinggi dan selanjutnya menimbulkan pengeluaran yang melebihi kemampuan ekonomi mengeluarkan barang dan jasa. Sama halnya dengan pengeluaran pemerintah suatu negara yang berlebihan. Pengeluaran yang berlebihan inilah yang akan menimbulkan inflasi.

 

  1. Inflasi desakan biaya

Inflasi ini juga terjadi pada masa perekonomian sedang berkembang dengan pesat ketika tingkat pengangguran adalah sangat rendah. Apabila perusahaan perusahaan masih menghadapi permintaan yang bertambah, mereka akan berusaha meningkatkan produksi dengan cara memberikan gaji dan upah yang lebih tinggi kepada pekerjanya dan mencari pekerja baru dengan tawaran pembayaran yang lebih tinggi. Langkah ini mengakibatkan biaya produksi meningkat. Yang akhirnya akan menyebabkan kenaikan harga harga berbagai barang.

 

  1. Inflasi diimpor

Inflasi juga dapat bersumber dari kenaikan kenaikan harga harga barang yang diimpor. Inflasi ini akan terjadi apabila barang barang impor yang mengalami kenaikan harga mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan pengeluaran pemerintah maupun perusahaan perusahaan.

 

Untuk mengulas permasalahan tentang inflasi, perlu dikaji berbagai variabel yang berkenaan dengan faktor faktor yang mempengaruhi inflasi. Variabel tersebut antara lain adalah pengeluaran yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam belanja pemerintah dan tingkat pengangguran yang sedang terjadi .

Laju inflasi di indonesia selalu berubah ubah, dalam tulisan ini penulis akan mengkaji laju inflasi jika dilihat dari dari pengeluaran pemerintah dan besarnya tingkat pengangguran yang sedang terjadi khususnya di tahun 2000 – 2010.

 

_ semoga bermanfaat _

Reiny😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: