Teori tingkah laku konsumen

22 Jul

Fungsinya untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen. Ini dapat diukur dengan 2 jenis pendekatan :

1. PENDEKATAN NILAI GUNA KARDINAL ( angka / total utility )

Asumsinya :

#  kepuasan dapat diukur dengan angka

#  semua uang habis dibelanjakan ( memaksimalkan kepuasan )

#  berlaku hukum gossen / the law of diminisshing return.

 

Kelemahan menggunakan pendekatan nilai guna kardinal adalah pendekatan ini hanya dapat menggambarkan satu produk saja.

Orang akan merasa kepuasannya maksimal apabila MU = 0

 

2. PENDEKATAN NILAI GUNA ORDINAL

Bisa kita lihat menggunakan kurva kepuasan yang sama ( kurva indiferent & budget line )

Asumsinya :

#  adanya 2 macam produk

#  semua uang dibelanjakan

#  berslope negatif, yaitu adanya opportunity cost ( biaya peluang ) artinya jika menambah barang x, maka harus mengurangi barang y

#  kurva indiferent tidak boleh berpotongan

#  indiferent map ( peta kurva indiferent ) dimana yang paling tinggi itu menggambarkan kepuasan yang paling tinggi

 

_ semoga bermanfaat _

Reiny😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: