PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

22 Jul

Jumlah output yang diproduksi perusahaan agar mencapai laba maksimal adalah pada saat MR=MC. kondisi pertama, perusahaan berada dalam pasar persaingan sempurna (perfect competition), dimana jumlah perusahaan begitu banyak dan kemampuan setiap perusahaan sangat kecil untuk mempengaruhi harga pasar. Sedangkan kondisi kedua adalah perusahaan itu hanya satu – satunya produsen (monopoli).

Kondisi tersebut jarang sekali terjadi, umumnya dua kondisi peralihan antara ekstrim persaingan sempurna dan monopoli. Kondisi pertama adalah perusahaan bersaing, tetapi masing – masing mempunyai daya monopoli (terbatas), disebut persaingan monopolistik (monopolistic competition). Kedua adalah dalam pasar hanya ada beberapa produsen yang jika bekerja sama mampu menghasilkan daya monopoli dikenal sebagai oligopoli (oligopoly).

 

Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna           

#  Banyak penjual dan banyak pembeli

Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen  (  Homogenitas Produk )

Produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.

Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan / informasi   sempurna (perfect     knowledge)

Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual.

Output Perusahaan Relatif Kecil dibanding output pasar (Small RelativelOutput)

Perusahaan dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien  (biaya rata – rata terendah), kendati pun demikian jumlah output setiap perusahaan secara individu dianggap relative kecil dibanding jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.

#  Tak ada campur tangan pemerintah ( tidak ada regulasi pemerintah )

Perusahaan Menerima Harga Yang Ditentukan Pasar (Price Taker)

Perusahaan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar (price taker). Secara individu perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.

Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar (free entry and exit)

Dalam pasar persaingan sempurna factor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikelurkan untuk memindahkan faktor produksi

Aplikasi didalam pasar persaingan sempurna :

#  produknya tak spesial

#  modal dan tekhnologi sangat mempengaruhi

#  penjual tidak bisa mempengaruhi harga karena produk yang dijual hanya sebagian kecil    dari jumlah produk yang ada dipasar

 

Keuntungan maksimal di pasar persaingan sempurna terjadi pada saat MR =MC

Dimana rumus MC = TC / Q  sedangkan MR = TR / Q 

 

_ semoga bermanfaat _

Reiny😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: