PASAR PERSAINGAN MONOPOLOSTIK

22 Jul

Karakteristik Pasar Persaingan Monopolostik

a.  Produk nya terdeferensiasi ( heterogen )

b.  relatif banyak penjual (Large Number of Firms)

c.  relatif sulit untuk Masuk dan Keluar (Free Entry and Exit)

d. relatif kuat menentukan harga

e. bersaing menggunakan iklan dalam menjajakan produknya

 

Keseimbangan jangka pendek perusahaan tercapai bila MR = MC

 

Ada dua sebab pasar persaingan monopolistic tidak dapat lebih efisien dibanding pasar persaingan sempurna

a.   Harga Jual Masih Lebih Besar Dari Biaya Marjinal (P>MC)

b.   Kapasitas Berlebih (Excess Capacity)

 

Pengaturan Pasar Persaingan Monopolistik

a.  Daya monopoli yang relatif kecil menyebabkan kesejahteraan yang hilang (dead weight loss) relative kecil.

b.  Permintaan yang sangat elastis menyebabkan kelebihan kapasitas produksi relative kecil.

c.  Ketidakefienan yang dihasilkan perusahaan yang beroperasi dalam pasar persaingan monopolistik.

 

_ semoga bermanfaat _

Reiny😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: