Dampak-dampak keseimbamgan umum dari pemberlakuan tarif di Negara kecil

22 Feb

Ketika sebuah Negara kecil memberlakukan tarif terhadap barang-barang impornya, tidak akan mempengaruhi harga-harga barang di pasaran internasional. Tetapi harga barang domestic sendri yang berubah, sehingga, pihak yang harus menghadapi segara implikasi kenaikan harga-harga adalah konsumen dan produsen di Negara kecil yamg bersamgkutan tetapi harga perekonomian Negara kecil tersebut secara keseluruhan tetap konstan, karena kenaikan harga akibat tarif itu diimbangi oleh perciptanya pemasukan pajak bagi pemerintah

Pemerintah dinegara kecil yang mengenakan tarif ini semata-mata sebagai alat untuk menghimpun dana demi memberi subsidi baga konsumen public. Artinya pemerintah negar kecil tersebut tidak ingin mengenakan pajak internal yang terlalu besar terhadap warganya guna membiayai aneka pengeluaran Negara, dan sebagai gantinya , pemerintah memungut pajak impor.
Dengan adanya tarif, tingkat kesejahteraan negara yang bersangkutan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan kondisinya di masa perdagangan bebas.
Penurunan kesejahteraan bersumber dari dua sebab, yakni :

a. Perekonomian tidak lagi berproduksi pada titik yang memaksimumkan nilai pendapatan dan harga dunia
b. Konsumen tidak dapat lagi berkonsumsi pada kurva indiferen tertinggi yang memaksimumkan kesejahteraan. Baik (a) maupun (b) diakibatkan oleh kenyataan bahwa konsumen dan produsen domestik menghadapi harga yang berbeda dengan harga dunia. Penurunan kesejahteraan (The Loss in Welfare) terjadi karena kegiatan produksi yang tidak efisien. Hal ini merupakan kondisi (a) padanan keseimbangan umum dari kerugian akibat piuh produksi (production distortion loss) yang telah dijelaskan dalam pendekatan keseimbangan parsial dalam bab ini dan melambangkan penurunan kesejahteraan sebagaiakibat dari konsumsi yang tidak efisien sehingga ini juga merupakan (b) padanan dari kerugian akibat piuh konsumsi (Consumption Distortion Loss)
Volume Perdagangan mengalami kemerosotan dengan adanya tarif. Volume serta nilai-nilai ekspor dan impor sama-sama turun segera setelah dilaksanakannya pengenaan tarif itu dibandingkan dengan sebelumnya ketika perdagangan masih berlangsung secara bebas.

 

Semoga bermanfaat

_ reiny _

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: