Dampak pemberlakuan tarif

20 Feb

Dampak-Dampak Keseimbangan Parsial Akibat Pemberlakuan Tarif
# Dampak pemberlakuan tarif terhadap konsumsi (consumption effect of the tariff), yaitu berkurangnya konsumsi domestik akibat pengenaan tarif ad valorem.
# Dampak pengenaan tarif terhadap produksi (production effect of the tariff), yaitu peningkatan produk domestik akibat adanya tarif.
# Dampak pengenaan tarif terhadap perdagangan (trade effect of the tariff), yaitu terjadinya penurunan terhadap impor.
# Dampak pengenaan tarif terhadap penerimaan pemerintah (revenue effect of the tariff), yaitu terciptanya pemasukan bagi pemerintah.
Dampak Pemberlakuan Tarif Terhadap Surplus Produsen dan Konsumen
Kenaikan harga komiditi X dari 1 dolar menjadi 2 dolar yang diakibatkan pemberlakuan tarif 100% oleh pemerintah terhadap barang-barang impor, pada gilirannya akan menurunkan surplus konsumen dan akan meningkatkan surplus produsen. Surplus konsumen (consumer surplus) mengukur besar kecilnya keuntungan konsumen dari pembelian, yang berupa selisih antara harga yang sebenarnya dibayarkannya dengan tingkat harga yang sanggup ia bayar. Surplus produsen (producer surplus) jika produsen mampu menjual barang yang lebih tinggi dari tingkat harga yang ia inginkan atau ia terima dengan senang hati.

Seorang konsumen akan mau membayar 3 dolar untuk unit ke-30 barang X, sedangkan dalam kenyataannya mereka dapat membelinya seharga 1 dolar, maka mereka pun menikmati surplus konsumen sebesar 2 dolar. Demikian pula ketika mereka memperoleh unit ke-50, mereka mau membayar 2 dolar sehingga surplus kosumen sebesar 1 dolar. Sedangkan untuk unit ke-70 mereka hanya mau membayar sebesar 1 dolar sehingga surplus konsumen sama dengan nol. Secera keseluruhan sebelum adanya tarif total surplus konsumen mencapai 122,5 dolar. Ketika pemerintah memberlakukan tarif 100 % terhadap barang-barang impor, harga barang X mengalami kenaikan menjadi 2 dolar. Pembelian barang X mengalami penurunan menjadi 50 unit. Sejak adanya tarif, konsumen harus membayar 100 dolar untuk 50 unit barang X. Hal ini menyebabkan surplus konsumen menurun sebesar 60 dolar dari 122,5 dolar menjadi 62,5 dolar. Dengan demikian, jelaslah bahwa pemberlakuan tarif impor tersebut mengurangi surplus konsumen.
Sebelum dikenakan tarif, harga barang X adalah 1 dolar. Dalam situasi ini, produsen domestik hanya memproduksi 10 unit barang X dan untuk itu mereka hanya memperoleh 10 dolar. Setelah pemerintah memberlakukan tarif impor, harga barang X mengalami kenaikan menjadi 2 dolar. Para produsen domestik meningkatkan produksinya menjadi 20 unit sehingga memperoleh 40 dolar. Peningkatan pendapatan sebesar 30 dolar. Karena yang 15 dolar merupakan biaya produksi maka yang 15 dolar sisanya merupakan surplus produsen. Jelaslah pula bahwa pemberlakuan tarif meningkatkan surplus produsen.
Dampak Pengenaan tarif
1.) Harga barang impor menjadi lebih mahal
Hal ini menyebabkan penurunan konsumsi oleh konsumen, produsen akan memproduksi barang dimana biaya marjinal (marginal cost) sama dengan harga setelah tarif.
2.) Meredistribusikan pendapatan dari konsumen domestik ke produsen domestik.
3.) Mereditribusikan pendapatan dari sektor ekonomi yang sumber dayanya melimpah ke sektor lain yang sumber dayanya kurang kompetitif.
Komponen produksi dari biaya proteksi atau biaya bobot mati akan mengalami kenaikan karena pemberlakuan tarif impor. Hal ini mengakibatkan adanya pengalihan sumber daya dari sektor ekonomi yang sumber dayanya melimpah (komoditi yang biasa diekspor) ke sektor lain yang sumber dayanya kurang kompetitif (komoditi yang lebih menguntungkan jika diimpor dari negara lain).
4.) Dampak negatif tarif berupa production distortion lost
Tarif menyebabkan produsen domestik memproduksi terlalu banyak barang sehingga tidak semuanya bisa dijual dengan harga yang menguntungkan
5.) Consumption distortion loss yaitu menyebabkan konsumen mengonsumsi barang terlalu sedikit

Semoga bermanfaat
_ reiny _

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: