Biaya dan Manfaat Tarif

20 Feb

Tarif dapat meningkatkan barang di negara pengimpor sehingga kalangan konsumen di negara pengimpor secara relatif merugi, sedangkan para produsen di negara pengimpor memperoleh keuntungan.Jadi tarif membawa biaya sekaligus manfaat.

Saat pemerintah mengenakan tarif sebesar 100% terhadap barang impor maka harga barang X langsung mengalami kenaikan dari 1 dolar menjadi 2 dolar. Konsumsi atas komoditi ini pun turun dari 70 unit menjadi 50 unit. Dalam waktu bersamaan, produsen domestik meningkatkan produksinya dari 10 unit menjadi 20 unit. Impor turun dari 60 unit menjadi 30 unit dan pemerintah menerima pemasukan sebesar 30 dolar dalam bentuk pajak impor. Hal ini menyebabkan surplus konsumen mengalami penurunan sebesar 60 dolar dan peningkatan surplus produsen sebesar 15 dolar.
Dari total kerugian konsumen itu, 30 di antaranya diterima oleh pemerintah dalam bentuk pajak impor, kemudian 15 dolar lainnya diredistribusikan kepada para produsen barang X di dalam negeri dalam bentuk kenaikan rente atau surplus produsen, 15 dolar sisanya merupakan biaya proteksi (protection cost) atau biaya bobot mati (deadweight lost) yang merupakan bentuk kerugian yang harus ditanggung oleh perekonomian negara bersangkutan.

Semoga bermanfaat
_ reiny _

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: