Strategi Portofolio ( Portofolio Strategy)

3 Des

Strategi Portofolio ( Portofolio Strategy)

Strategi portofolio adalah strategi yang dilakukan perusahaan untuk meminimalkan risiko bisnis yang dijalankan dengan melakukan investasi di berbagai sector bisnis yang dijalankan dengan melakukan investasi di berbagai sector bisnis. Beberapa cara yang dapat kita lakukan pada strategi portofolio adalah :

1. Pengambilan perusahaan tertentu ( acquisition)
Strategi ini dilakukan dengan jalan membeli atau mengambil alih perusahaan – perusahaan lain dalam satu industri tertentu.
2. Diversifikasi yang tidak berhubungan(unrelated diversification)
Strategi ini dilakukan dengan jalan membentuk suatu bisnis pada sector baru atau mengmbil alih perusahaan yang berbeda sector dengan alasan untuk meraih peluang dari sector lain.
3. Penentuan strategi berdasarkan analisis matriks BCG.
Martiks BCG adalah model analisis yang diperkenalkan oleh Boston CVonsulting Group untuk mengetahui bagaimana posisi perusahaan dalam sector bisnis yang sedang dijalankannya,. Apakah perlu dikembangkan, beralih atau bertahan. Analisis ini berdasarkan indicator pertumbuhan pasar ( market growth) dan pangsa pasar ( market share)

Secara lebih jelas, Matriks BCG dapat diuraikan sebagai berikut.
1. question mark pada saat peruahaan mendapatkan penilaian question mark atau tanda tanya,ini bearti bahwa perusahaan melanjutkan bisnis yang sedang dijalankan sangat bergantung ,misal pada kondisi keuangan yang ada .
2. star pada saat perusahaan mengalami kondisi dengan indikator star{bintang },ini berarti bahwa perusahaan tengah meraih kesuksesan dalam bisnis nya
3. cash cow. Pada saat perusahaan mengalami dengan indikataor cashcow , perusahan mengalami kesuksesan yang tinggi tengah memprolehpendapatan yang lebih dari pangsa pasar yang tinggi sekali pun pertumbuhan pasar relatip rendah .
4. dogs pada Saat perusahaan mengalami kondisi dengan indikator dogs {anjing} perusahaan mengalami kondisi yang buruk dalam sektor bisnis yang di jalankan

_ semoga bermanfaat _
Reiny🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: