Tenaga kerja dalam pasar persaingan sempurna

29 Nov

Pasar persaingan sempurna dalam tenaga kerja berarti di dalam pasar terdapat banyak perusahaan yang memerlukan tenaga kerja, dan tenaga kerja yang ada dalam pasar tidak menyatukan diri di dalam serikat-serikat buruh yang akan bertindak sebagai wakil mereka.

Di dalam pasar tenaga kerja yang seperti itu sifat-sifat permintaan dan penawaran tenaga kerja tidak berbeda dengan sifa-sifat permintaan dan penawaran di pasar barang. Kurva permintaan ke atas tenaga kerja, seperti juga kurva permintaan ke atas suatu barang, bersifat menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Berarti permintaan ke atas tenaga kerja bersifat: semakin tinggi atau rendah upah tenaga kerja, semakin sedikit atau banyak permintaan ke atas tenaga kerja
Kurva penawaran tenaga kerja, seperti juga kurva penawaran barang, bersifat menaik dari kiri bawah ke kanan atas. Sifat penawaran yang seperti ini berarti: semakin tinggi upah semakin banyak tenaga kerja yang bersedia menawarkan tenaganya.

Contoh : pedagang di pasar

Alasan saya karena menjadi pedagang dipasar itu kita menghadapi posisi dimana ada banyak penjual dan banyak pembeli . dan juga biasanya produk yang ditawarkan itu bersifat homogen . disana juga tidak terdapat campur tangan pemerintah .

 

_ semoga bermanfaat _
Reiny🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: