DIFERENSIASI PRODUK

28 Jun

Contoh analisis diferensiasi produk :

ANALISIS SATU :

Saya mengambil contoh pada PT Unilever , tepatnya pada produk “ hand and body lotion CITRA “ . Awalnya unilever memproduksi citra bengkuang, dimana bahan utama pembuatan itu adalah buah bengkuang. Konsumen yang dituju pada saat itu adalah remaja yang beranjak dewasa, karena pada masa itu anak anak masih sangat jarang memakai lotion.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan pertumbuhan perekonomian yang ada di hadapi masyarakat indonesia, produk hand and body citra diproduksi secara bervariasi. Ada citra bengkuang, citra mangir, citra gojiberry, citra teh hijau jepang, citra bubuk mutiara cina dan yang terbaru saat ini adalah citra beras jepang.

Semuanya dikemas dalam warna dan aroma yang berbeda beda sesuai dengan bahan baku pembuatan yang digunakan.

Perbedaan ( diferensiasi ) itu diproduk dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan ( memperbesar profit perusahaan ), memperlebar pasar , menghadapi perubahan selera yang terjadi pada konsumennya. Sehingga produk tersebut bisa bertahan di era persaingan yang ketat sepeti ini. Tetap mempertahankan pelanggannya, bahkan malah berusaha agar terus bertambah .

ANALISIS DUA :

contoh kedua yang saya ambil untuk di analisis adalah PT Fumakilla, tepatnya pada produk VAPE anti nyamuk. Dewasa ini, ada 4 variasinya. Baik dari segi kemasan, segi bentuk, dan segi iklan yang ada dipasaran. Padahal poduk nya sama ! sama sama dalam satu merk dan satu jenis yaitu anti nyamuk ( yang biasa kita kenal dengan obat nyamuk )

Jenis pertama yang ada adalah “ anti nyamuk bakar VAPE “. Yang dikemas dalam wujud padat dan dipakai dengan cara dibakar. Karena banyak konsumen yang mengeluh soal asap bakaran yang ditimbulkan ( benda yang didekatnya menjadi kuning, dan membuat sesak pada pernafasan ), maka fumakilla memproduksi jenis baru, namun tetap mempertahankan produk lamanya tadi. Produk yang kedua adalah” VAPE anti nyamuk cair “ , karena wujudnya cair, cara pemakaian nya lebih simpel, sehingga tidak ada asap yang dikeluarkan.

Melihat kondisi konsumen yang mengeluh soal racun yang menempel akibat percikan dari cairan tadi, akhirnya vape memprodusi jenis baru lagi , yaitu “ VAPE anti nyamuk elektrik “. Produk ini lebih praktis lagi , karena tidak menimbulkan asap dan racun yang menempel .
Produk yang paling baru saat ini adalah “ VAPE anti nyamuk semprot “. Dikemas dalam kemasan botol kecil yang mudah dibawa bawa .

4 variasi itu sampai sekarang masih diproduksi dan masih dgunakan konsumennyanya sesuai dengan yang mereka sukai

Dari uraian yang saya uraikan, maka kesimpulannya :
Diferensiasi bertujuan memberikan pelayanan sesuai yang diinginkan para konsumennya, agar konsumen tersebut tetap memakai produknya, sehingga profit perusahaan PT fumakilla mengalir terus menerus ..

_ semoga bermanfaat _
Reiny :D

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: